Laboratorium Pendidikan

Deskripsi laboratorium

Laboratorium Pendidikan merupakan salah satu unit di bawah Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (FAT UB). Laboratorium ini dirintis pada tahun 2012 dan resmi berdiri pada tahun 2016 sesuai dengan Peraturan Rektor Universitas Brawijaya Nomor 20 Tahun 2016 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja. Awalnya, Laboratorium Pendidikan memfasilitasi mahasiswa yang melakukan praktikum dasar di bidang biologi, kimia, dan fisika.

Fungsi dan Peran

Keberadaan Laboratorium Pendidikan diharapkan dapat memfasilitasi mahasiswa untuk dapat menguasai pengetahuan teknis dan keterampilan khusus bidang dasar biologi, kimia, dan fisika. Fokus Laboratorium Pendidikan adalah mewadahi kegiatan praktikum dasar di seluruh Jurusan di bawah FTP UB. Namun laboratorium ini juga dapat dikembangkan untuk mendukung seluruh kegiatan praktikum dan penelitian mahasiswa program sarjana hingga doktor di bawah FTP UB.

Visi

Menjadi Laboratorium Pendidikan yang unggul untuk mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan keterampilan di bidang Teknologi Pertanian.

MISI

  1. Menyelenggarakan praktikum yang profesional bagi seluruh mahasiswa FAT UB
  2. Menyediakan sarana dan prasarana untuk melaksanakan kegiatan praktikum dan penunjang penelitian di bidang Teknologi Pertanian
  3. Melayani kebutuhan sarana dan prasarana prasarana penunjang kegiatan praktikum dan penelitian..

Tujuan

  1. Meningkatkan kompetensi mahasiswa melalui kegiatan praktikum
  2. Menyediakan sarana dan prasarana yang memadai untuk pelaksanaan kegiatan praktikum dan penelitian
  3. Memberikan pelayanan prima kepada seluruh pengguna termasuk praktikum dan penelitian.

Peralatan dan Fasilitas Laboratorium

  • Laboratorium Pendidikan bidang biologi memiliki autoclave, colony counter, DO meter, dry sterilizer, hot plate stirrer, inkubator, kompor listrik, oven, laminar air flow (LAF), mikropipet, mikroskop cahaya, mikroskop digital, arm balance, timbangan analitik, pupil cam, pH meter, shaker waterbath, spektrofotometer tampak, turbidimeter, dan vortex.
  • Laboratorium Pendidikan bidang kimia memiliki distilasi protein, unit digestif, destilasi air, refraktometer tangan, mantel pemanas, pengaduk hot plate, kompor listrik, lemari asam, mikropipet, neraca lengan, neraca analitik, oven listrik, pH meter, shaker , spektrofotometer UV Vis, centrifuge dingin, pompa vakum, dan vortex.
  • Laboratorium Pendidikan bidang fisika memiliki multimeter analog, multimeter digital, alat digital penguji radiasi, illuminance meter, universal AC/DC adapter, test board, termokopel, termokopel digital, osiloskop, hot plate stirrer, arm balance, pH meter, timbangan analitik, timbangan digital, jangka sorong, refraktometer ABBE, midi logger, osiloskop digital, multimeter presisi, vibro viskometer, multimeter digital, toolkit optik, toolkit mekanik, toolkit hidrostatik dan termal, toolkit listrik dan magnetik, toolkit gelombang dan termodinamika, toolkit refraktometer, meteran dasar, dan UPS.

Informasi lebih lanjut klik di sini

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *