Laboratorium Pusat Pelatihan dan Produksi Pangan

Deskripsi laboratorium

FPTC merupakan pusat produksi pangan dan program pelatihan termasuk produksi bakery (roti, cake, mie, cookies, dll) dan produksi pangan fungsional. Produksi produk bakery dan pangan fungsional ditujukan untuk umum. Program pelatihan dapat dilakukan untuk memperkenalkan dan meningkatkan keterampilan siswa dalam membuat produk makanan terutama bakery dan makanan fungsional. FPTC juga memberikan program pelatihan kepada masyarakat yang tertarik dengan produksi bakery dan pangan fungsional.

Fungsi dan Peran

FPTC bertujuan untuk meningkatkan kemampuan teknis mahasiswa dari Universitas Brawijaya dan Universitas lainnya. Pelatihan ini juga ditujukan bagi industri terutama usaha kecil menengah (UKM) serta masyarakat umum. Pelatihan ini terdiri dari:

  1. Produk bakery, meliputi berbagai jenis roti (roti manis, soft bun, roti berserat tinggi, roti labu, roti komoditas berbasis lokal), serta berbagai jenis kue, cookies, kerupuk, pizza, mie dari lokal- komoditas berbasis.
  2. Pelatihan untuk industri, meliputi penentuan umur simpan produk pangan, HACCP, ISO, GMP, pengujian sensorik, mikrobiologi, dan tenaga ahli lainnya serta master trainer bidang.
  3. Teknologi tepat guna antara lain pengolahan es krim fungsional, nugget nabati, susu kedelai aneka rasa, produk makanan fermentasi, VCO, jelly drink, bubuk cincau instan, dll.

Peralatan dan Fasilitas Laboratorium

FPTC memiliki peralatan laboratorium untuk produksi produk bakery antara lain oven, proofer, mixer, hand mixer, exhauster, timbangan, lemari es, freezer, peralatan kecil untuk bakery, mesin pemotong / pengiris roti, mesin pembuat mie dan pasta, sealer. Selain itu, FPTC juga menyediakan ruangan untuk menikmati hidangan atau produk segar, dan fasilitas untuk pelatihan.

Informasi lebih lanjut klik di sini

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *