Laboratorium Daya dan Mesin Pertanian

Laboratorium Daya dan Mesin Pertanian (Lab. DMP) secara resmi berdiri pada tahun 1998 bersamaan dengan berdirinya Program Studi Teknik Pertanian. Sebagai laboratorium Pendidikan, maka Lab. DMP memberikan pelayanan yang mendukung tri dharma perguruan tinggi (pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat). Anggota-anggota laboratorium aktif dalam melakukan penelitian baik melalui skema mandiri atau hibah. Terdapat tiga topik umum cakupan penelitian yang dikembangkan oleh anggota laboratorium, yaitu:

  1. Rancang bangun alat dan mesin pertanian
  2. Pemanfaatan dan pengembangan bio-based material
  3. Energi terbarukan

Dalam mendukung pilar pengabdian kepada masyarakat, Lab.MDP setiap tahun sekali melakukan pengabdian kepada masyarakat sebagai sarana transfer ilmu dan teknologi. Layanan dalam kegiatan pengajaran meliputi kegiatan praktikum serta layanan uji dan analisis untuk penelitian civitas akademika di dalam dan luar FTP. Kegiatan praktikum yang diampu oleh Laboratorium daya meliputi :

    1. Praktikum Menggambar Teknik
    2. Praktikum Dinamika Mesin dan Tanah
    3. Praktikum Kekuatan Bahan
    4. Praktikum Daya dalam Bidang Pertanian
    5. Praktikum Alat dan Mesin Budidaya Pertanian
    6. Praktikum Ilmu Pertanian dan Biosistem
    7. Mekanika Teknik
    8. Mekanika Struktur

Dalam menunjang pilar tri dharma tersebut, Lab. DMP selalu berupaya untuk melengkapi sarana penelitian, praktikum, dan pengabdian kepada masyarakat. Peralatan dan fasilitas yang ada di laboratorium daya dan mesin pertanian merupakan peralatan yang berhubungan dengan mekanisasi pertanian. Diantaranya adalah : Traktor roda 4, Traktor roda 2, Transplanter, Universal testing machine (UTM), printer 3D, Simulasi Mesin 2 tak dan 4 Tak, Seed table, aneka macam bajak sebagai implement tractor, Oven, Timbangan digital, Bomb calorimeter, perangkat komputer, tachometer, torque meter, ph-meter data-taker, brazilian test, force gauge (penetrometer) dan masih ada kelengkapan dan alat lainnya. Di tahun ini, Laboratorium Daya dan Mesin Pertanian berkontribusi dalam banyak kegiatan Pengabdian masyarakat yang dipimpin atau diketuai oleh dosen anggota laboratorium. Selain itu, untuk meningkatkan kualitas dan memenuhi sarana prasarana kegiatan praktikum, laboratorium daya dan mesin pertanian juga menjalin kerjasama dengan perusahaan atau instansi yang dapat menambah jaringan dan pemberdayaan mahasiswa setelah lulus nanti. Adapaun kerjasama yang sampai saat ini terjalin adalah seperti : Balittas, BMKG, BLK Wonojati Singosari, STPP Lawang, Sygenta, dan masih banyak lagi.

Informasi lebih lanjut klik di sini

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *