Laboratorium Terpadu FTP UB menyediakan PSA berskala nano Pertama di UB

Particle Size Analyzer adalah alat yang digunakan untuk menganalisa ukuran partikel dalam suatu sampel. Alat ini baru saja diperkenalkan di Laboratorium Terpadu FTP UB dan akan diuji coba pada tanggal 1 Maret 2023, dengan operasional yang ditangani oleh laboran Lab Terpadu.

PSA ini dapat digunakan untuk mengukur ukuran partikel dalam sampel yang beragam, seperti serbuk, suspensi, emulsi, dan lain-lain. PSA ini juga dapat digunakan untuk mengukur distribusi ukuran partikel, yang merupakan informasi penting dalam berbagai aplikasi industri seperti farmasi, kosmetik, makanan, dan lain-lain.

Pada trial test tersebut, laboran akan mengukur ukuran partikel dalam beberapa sampel yang telah ditentukan sebelumnya. Hasil dari trial test ini akan digunakan untuk mengevaluasi kinerja PSA dan menentukan kondisi operasional yang optimal.

Selain itu, trial test ini juga akan digunakan untuk mengevaluasi kemampuan PSA dalam menangkap partikel dengan ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan instrumen sebelumnya yang digunakan di laboratorium UB.

Secara keseluruhan, PSA merk Shimadzu tipe SALD-7500nano mampu mengukur dalam kisaran 7 nm-800 um sehingga sangat berguna bagi laboratorium dan industri dalam mengukur ukuran partikel dan distribusi ukuran partikel yang sangat akurat dan tepat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *