Laboratorium Bioteknologi

A.DESKRIPSI

Bioteknologi adalah cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup (bakteri, jamur, virus, tumbuhan, dan hewan) dan produknya (enzim) dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa dalam skala industri. Bioteknologi kini menjadi gelombang ekonomi baru yang akan menjadi kekuatan ekonomi dunia. Indonesia merupakan salah satu negara terbesar di dunia dengan keanekaragaman ekosistem dan kelimpahan biomassa. Potensi ini memberikan optimisme bahwa bioteknologi akan dapat dikembangkan secara optimal di negeri ini. Namun, beberapa dari jutaan sumber daya hayati telah dieksplorasi. Ketidakmampuan Indonesia untuk memanfaatkan potensi hayati dan biomassanya secara optimal disebabkan oleh kurangnya keterampilan di bidang bioteknologi. 

Perkembangan bioteknologi industri di Indonesia sangat penting dan mendesak mengingat potensi sumber daya alam hayati yang tinggi dan pergeseran tren industri dunia menuju industri berkelanjutan yang memperhatikan aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan. Keberadaan laboratorium bioteknologi dimaksudkan untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan penelitian yang handal di bidang bioteknologi yang dapat bersaing secara nasional bahkan internasional. Lebih luas lagi, sebagai upaya peningkatan pengembangan bioteknologi industri di Indonesia, keberadaan laboratorium bioteknologi diharapkan dapat memberikan manfaat bagi penyiapan sumber daya manusia. Bidang penelitian yang dicakup oleh laboratorium bioteknologi adalah teknologi enzim, teknologi bioproses, bioenergi, biosensor, bioinformatika, nutrigenomik dan keamanan pangan.

Visi

Menjadi laboratorium bioteknologi industri yang berperan sebagai pusat penelitian dan pengembangan produk pangan dan pertanian yang bermanfaat bagi masyarakat baik di tingkat nasional maupun internasional.

Misi

  1. Meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam bidang bioteknologi industri serta keterampilan kewirausahaan.
  2. Menyelenggarakan praktikum bagi mahasiswa program sarjana, magister dan doktoral.
  3. Menjalin kerjasama penelitian dengan pemangku kepentingan di bidang bioteknologi industri
  4. Menyebarluaskan penelitian bioteknologi industri yang dapat mendorong perekonomian Indonesia dengan tetap menjaga lingkungan.

Tujuan

  1. Mendukung pendidikan yang baik dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang bioteknologi industri dan mampu diterapkan pada masyarakat.
  2. Menghasilkan karya penelitian yang berkualitas di bidang bioteknologi industri yang mampu mendorong berkembangnya industri berbasis pangan dan produk pertanian.
  3. Berpartisipasi aktif dalam diseminasi ilmu pengetahuan dan teknologi bioteknologi industri yang dapat diterapkan di masyarakat dan industri.
  4. Menghasilkan publikasi nasional dan internasional.

C. FASILITAS LABORATORIUM BIOTEKNOLOGI

NoEquipmentQuantity
1Autoclave2
2Biological Safety Cabinet Class II1
3Incubator CO21
4Incubator4
5Analytical balance2
6Fermenter/bioreactor (3L)1
7Gel documentation/DNA imager2
8PCR (Polymerase Chain Reaction) machine1
9Hotplate stirrer2
10Plate stirrer3
11Laminar air flow1
12Micropipette100-1000 μl9
13Micropipette 10-100 μl4
14Micropipette 20-200 μl1
15Micropipette 50-200 μl1
16Micropipette 1-10 μl2
17Micropipette 2-20 μl2
18Micropipette 0.1-2.5 μl1
19Micropipette 0,5-5 ml1
20Multichannel Micropipette 30-300 ml1
21Microplate Reader ELx8001
22Microscope2
23Mini centrifuge (spindown)2
24pH meter1
25Refrigerated centrifuge1
26Microcentrifuge1
27Spectrophotometer UV Vis2
28Deep freezer -80°C1
29Freezer -20°C1
30Refrigerator4
31Vertical electrophoresis chamber3
32Horizontal electrophoresis chamber4
33Mini trans-blot electrophoretic transfer cell1

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *